Pembelajaran - Soal dan Jawaban

5 min read
    Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembelajaran Lengkap Jawaban
    1. Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi adalah...
      a. Pembelajaran
      b. Belajar
      c. Evaluasi
      d. Metode
    2. Seorang yang bertindak sebagai pencari, penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran yaitu...
      a. Siswa
      b. Guru
      c. Tujuan
      d. Isi pelajaran
    3. Seseorang yang bertindak sebagai pengelola, katalisator, dan peran lainnya yang memungkinkan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang efektif dalam pembelajaran yaitu...
      a. Siswa
      b. Guru
      c. Tujuan
      d. Isi pelajaran
    4. Pernyataan tentang perubahan perilaku (kognitif, psikomotorik, afektif) yang diinginkan terjadi pada siswa setelah mengikuti kegiatan  dalam pembelajaran yaitu...
      a. Siswa
      b. Guru
      c. Tujuan
      d. Isi pelajaran
    5. Segala informasi berupa fakta, prinsip, dan konsep yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran yaitu...
      a. Siswa
      b. Guru
      c. Tujuan
      d. Isi pelajaran
    6. Cara yang teratur untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat informasi yang dibutuhkan mereka untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran yaitu...
      a. Metode
      b. Media
      c. Evaluasi
      d. Isi pelajaran
    7. Bahan pengajaran dengan atau tanpa peralatan yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada siswa dalam pembelajaran yaitu...
      a. Metode
      b. Media
      c. Evaluasi
      d. Isi pelajaran
    8. Cara tertentu yang digunakan untuk menilai suatu proses dan hasilnya dalam pembelajaran yaitu...
      a. Metode
      b. Media
      c. Evaluasi
      d. Isi pelajaran
    9. Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih mandiri, memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar, membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran, memudahkan guru mengadakan penilaian merupakan...
      a. Tujuan pembelajaran
      b. Fungsi pembelajaran
      c. Prinsip pembelajaran
      d. Manfaat pembelajaran
    10. Landasan berpikir, landasan berpijak dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai dan tumbuhnya proses pembelajaran yang dinamis dan terarah...
      a. Tujuan pembelajaran
      b. Fungsi pembelajaran
      c. Prinsip pembelajaran
      d. Manfaat pembelajaran
    11. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium adalah ...
      a. Pengaruh sosial.
      b. Proses pengaturan diri.
      c. Proses kematangan pribadi.
      d. Lingkungan fisik.
    12. Di bawah ini adalah contoh dari adanya dampak dari tidak keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ...
      a. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.
      b. Hesti merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.
      c. Yanto merasa pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
      d. Adi menangis setelah berantem dengan Agus untuk berebut mengerjakan tugas.
    13. Untuk mendukung agar ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada prosedur yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...
      a. Penentuan tujuan.
      b. Tanggung jawab.
      c. Pemberian insentif.
      d. Penilaian atau evaluasi
    14. Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...
      a. Pada saat seseorang sedang bersekolah.
      b. Dari bayi sampai tua.
      c. Pada waktu siswa sudah siap.
      d. Pada waktu seseorang sedang belajar.
    15. Murid TK Ananda pada umumnya telah mampu mengenali berbagai kesenian menurut daerahnya masing-masing. Pada tahap ini murid telah mencapai tingkat ...
      a. Discrimination Learning
      b. Concept Learning.
      c. Verbal Association Learning.
      d. Problem Solving Learning.
    16. Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ...
      a. Conditions of learning.
      b. Information processing.
      c. Cognitive development.
      d. Social learning.
    17. Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...
      a. Kurikulum
      b. Kerangka pembelajaran
      c. Sistem
      d. Evaluasi
    18. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ...
      a. Berwarna gelap. 
      b. Seminimal mungkin.
      c. Berwarna-warni.
      d. Semaksimal mungkin
    19. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
      a. Menjawab pertanyaan.
      b. Memecahkan masalah.
      c. Mengembangkan diri.
      d. Mengerjakan tugas
    20. Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, dia menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah-langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya adalah ...
      a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama-sama.
      b. Menghubungkan hasil pengamatan dengan analisis.
      c. Memberitahu tentang konsep dasar yang relevan dengan materi.
      d. Menyusun prosedur yang tepat untuk mengerjakan tugas.
    21. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan agar siswa dapat ....
      a. Mengobrol bersama.
      b. Bertukar informasi.
      c. Saling percaya
      d. Saling memahami.
    22. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
      a. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
      b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
      c. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan.
      d. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.
    23. Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir siswa. Untuk itu evaluasi yang paling tepat digunakan adalah evaluasi yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....
      a. Pengetahuan saja.
      b. Pengetahuan dan kinerja.
      c. Sikap dan kinerja.
      d. Sikap, pengetahuan, dan kinerja.
    24. Cara melatih silang intelegensi anak dapat dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...
      a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah.
      b. Siswa diberi tugas untuk mendata tanaman yang ada di sekitar rumahnya.
      c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelas.
      d. Ali mendapat tugas untuk membuat maket rumah Minangkabau.
    25. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah–langkah yang dapat digunakan, antara lain ...
      a. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran.
      b. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.
      c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa.
      d. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan.
    26. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ...
      a. Siswa berolah raga di lapangan.
      b. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi.
      c. Siswa diajak berkarya wisata.
      d. Siswa belajar di ruang laboratorium bahasa.
    27. Pernyataan berikut adalah contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...
      a. Mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pelajaran tertentu.
      b. Siswa diberi tugas untuk menyelesaikan suatu masalah.
      c. Melakukan studi dokumentasi tentang data-data siswa.
      d. Mengobservasi perilaku guru dan siswa.
    Kunci Jawabannya Klik Disini

      Anda mungkin menyukai postingan ini

      • Kunci Jawaban Soal Materi Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan a. Koentjaraningrat a. Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan fasilitas industri untuk praktik a. Mempunya…
      • Kunci Jawaban Soal Materi Pembelajaran a. Pembelajaran a. Siswa b. Guru c. Tujuan d. Isi pelajaran a. Metode b. Media c. Evaluasi d. Manfaat pembelajaran c. Prinsip pembelajaran …
      • Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembelajaran Lengkap Jawaban Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang melipu…