Panduan Cara Setting Sound System Panggung Untuk Aneka Macam Acara

Cara Setting Sound System Panggung - Sound system dalam setiap program menjadi hal yang sangat vital biar program sanggup berjalan dengan baik. Kualitas sound system akan memilih jalannya program sesuai dengan konsep yang diharapkan. Operator sound system akan mengatur sedemikian rupa seluruh perangkatnya sehingga sanggup berfungsi dengan optimal. Cara setting sound system panggung yang sempurna akan memilih kualitas bunyi yang dihasilkan sehingga memerlukan perhatian khusus.

Sebuah program yang memakai panggung biasanya mempunyai audience atau pendengar atau penerima yang cukup banyak. Dengan penerima yang banyak maka membutuhkan ruang yang juga cukup luas. Cara setting sound system panggung sanggup ditentukan berdasarkan besar area dan jangkauan yang diharapkan. Teknik setting sound system panggung berbeda dari satu panggung ke panggung yang lain sesuai dengan keperluan program yang diselenggarakan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam setting sound system ini sehingga program sanggup berlangsung dengan baik. Beberapa persiapan perlu dilakukan sehingga kualitas bunyi tetap prima dalam aneka macam kondisi. Hal yang perlu diperhatikan antara lain:
 Sound system dalam setiap program menjadi hal yang sangat vital biar program sanggup berjalan d Panduan Cara Setting Sound System Panggung Untuk Berbagai Acara

Cara Setting Equalizer Sound System Untuk Berbagai Event

1.       Tempat berlangsungnya acara
Tempat berlangsungnya program akan memilih cara setting sound system panggung secara menyeluruh. Pengaturan sound system di dalam dan luar ruangan akan sangat berbeda. Di dalam ruangan gelombang bunyi akan terpengaruh dengan dinding yang ada dan secara tidak eksklusif perubahan suhu ruangan juga akan mempengaruhi kualitas suara, sehingga operator harus selalu tanggap dengan segala situasi dan perubahan.

2.       Kondisi cuaca
Kondisi cuaca sangat mempengaruhi kualitas bunyi yang dihasilkan. Indonesia yang mengenal 2 isu terkini panas dan penghujan memerlukan perhatian yang khusus. Sebagai langkah antisipasi, kita sanggup menganggap bahwa setiap hari akan tiba hujan, sehingga kita sanggup mempersiapkan segala sesuatunya. Kita sanggup mengambil langkah pencegahan dengan melindungi perangkat sound yang sensitive terhadap hujan, misalkan speaker dan lainnya. Meskipun di dalam ruangan, bunyi hujan yang jatuh diatap, terutama yang beratap seng akan sangat mengganggu bunyi yang dihasilkan oleh sound system. 

3.       Desain panggung
Desain dan ukuran panggung akan mempengaruhi perangkat setting sound system panggung yang digunakan. Untuk panggung yang besar, akan gampang meletakkan perangkat sound system menyerupai mic, speaker dan perangkat EQ dengan leluasa, namun untuk panggung yang sempit dan kecil, sebaiknya perangkat sound system ditata sedemikian rupa biar tidak mengganggu jalannya acara.

4.       Posisi operator sound system
Operator sound system biasanya berada bersamaan dengan perangkat EQ untuk lebih mengoptimalkan acara, sebaiknya letakkan perangkat EQ di kawasan yang sanggup mengawasi kondisi panggung dan audience secara bersamaan. Operator yang sanggup melihat reaksi panggung dan audience akan sanggup lebih focus dalam mengontrol kualitas bunyi yang dihasilkan. Apabila berada di luar ruangan, usahakan biar letak genset tidak berada akrab dengan sound system sehingga mengganggu kualitas bunyi yang dihasilkan dengan bunyi mesinnya.

5.       Letak speaker
Letak speaker sangat besar lengan berkuasa terhadap kualitas bunyi yang dihasilkan. Letak speaker akan sangat mempengaruhi kenyamanan audience selama program berlangsung. Kualitas bunyi meskipun sanggup diperbaiki dengan memakai perangkat EQ, namun hal sederhana menyerupai feed back pada mic sanggup diatur dengan mengatur arah speaker dengan tepat.

Cara setting sound system panggung tidak hanya ditentukan oleh sound system itu sendiri. Kondisi lingkungan dan social masyarakat juga harus selalu diperhatikan. Agar program sanggup berlangsung dengan baik, setting sound system perlu dilakukan dengan tepat, sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Baca Juga : Cara Setting Mixer Sound System Untuk Vokal, Semoga Bermanfaat.