Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan Alasannya Ialah Haid Dan Nifas

Puasa Ramadhan - Wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk melaksanakan puasa wajib pada bulan ramadhan. Namun bukan ditinggalkan begitu saja, sesudah selesai bulan ramadhan para perempuan harus mengganti puasa yang ditinggalkan sesuai dengan jumlah hari dimana mereka tidak berpuasa. Adapun cara membayar hutang puasa ramadhan lantaran haid ini dilakukan dengan cara mengqadha puasa dihari lain. Mengganti puasa ramadhan bagi yang meninggalkannya yaitu wajib hukumnya.

Dalam Islam, seorang umat Muslim yang meninggalkan puasa ramadhan bagaikan memiliki hutang kepada Allah. Oleh lantaran itu, setiap perempuan yang meninggalkan puasa lantaran haid harus mengqadha puasanya sesudah Idulfitri atau hara raya Idul Fitri. Adapun batas tamat membayar hutang puasa yaitu tamat bulan sya’ban sebelum tiba bulan ramadhan. Pembayaran hutang puasa ini sebetulnya tidak disarankan dikala mendekati bulan rahmat tahun berikutnya. Sebaik-baiknya dalam mengganti puasa ramadhan yaitu sesudah hari raya idul fitri.
 Wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk melaksanakan puasa wajib pada bulan ramadh Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan Karena Haid dan Nifas

Baca Juga : Cara Membayar Fidyah Yang Baik dan Benar

Hal ini dilakukan semoga kita tidak lupa akan hutang puasa yang sudah ditinggalkan. Terkadang sesudah ramadhan selesai dan berhari raya, kebanyakan orang akan lupa dengan hutang puasanya. Oleh lantaran itu, mengganti puasa sesudah hari raya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Cara membayar hutang puasa ramadhan lantaran nifas sama halnya dengan mengganti hutang puasa lantaran haid.

Selain perempuan yang sedang nifas dan haid, perempuan hamil juga diperbolehkan untuk tidak menjalani ibadah puasa ramadhan. Wanita hamil diperbolehkan tidak puasa jikalau dirasa kondisinya tidak memungkinkan bagi kesehatannya dan janin yang ada didalam kandungannya. Namun sesudah selesai melahirkan dan masa nifasnya maka perempuan wajib untuk membayar puasa yang sudah ditinggalkannya.
Cara membayar hutang puasa ramadhan lantaran haid dan hamil sedikit berbeda. Bagi perempuan yang meninggalkan puasa lantaran hamil bisa menggantinya dengan membayar fidyah saja atau mengganti puasa saja. Pembayaran fidyah dilakukan untuk mengganti puas jikalau perempuan hamil tidak bisa mengganti puasanya sebelum jatuh bulan ramadhan tahun berikutnya. Fidyah ini dibayarkan dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sejumlah hari puasa ramadhan yang ditinggalkannya.

Cara membayar hutang puasa ramadhan lantaran hamil dengan membayar fidyah dilakukan jikalau perempuan tersebut mampu. Sedangkan jikalau perempuan tidak bisa untuk membayar fidyah maka tidak perlu dipaksakan. Besarnya fidyah yang dibayarkan juga diubahsuaikan dengan kemampuan dari sang perempuan yang meninggalkan puasa lantaran hamil.

Cara membayar hutang puasa ramadhan lantaran haid ataupun lantaran lainnya dengan mengqadha puasa, adapunm syarat dan rukunnya sama dengan puasa ramadhan. Bagi perempuan yang akan membayar hutang puasa diwajibkan untuk niat puasa sebelum terbitnya fajar. Untuk menghindari lupa berniat untuk membayar hutang puasa ramadhan sebaiknya lafalkan niat dikala malam hari sebelum tidur. Lafal niat untuk mengqadha puasa ramadhan adalah: “Nawaitus shouma ghodin qada’an fardha ramadhan lillahi taala.”